Destinasi Pariwisata di kabupaten Purworejo Yang Harus Kamu tau

Destinasi Pariwisata di Purworejo Yang Harus Kamu Kunjungi

Kabupaten Purworejo menyimpan potensi wisata yang tak kalah dibandingkan dengan Kabupaten disekitarnya. Berikut akan kami sampaikan Tempat wisata di Kabupaten Purworejo yang layak anda jadikan sebagai tempat liburan bersama orang terkasih anda.


1. Pantai Jatimalang Purworejo

Kabupaten Purworejo memiliki wilayah yang berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga ada bebebrapa pantai yang dijadikan sebagai destinasi wisata yang cukup terkenal. salah satu wisata pantai di Purworejo adalah pantai Jatimalang. Patai ini memiliki pasir pantai kecoklatan serta memiliki wilyah yang luas. Di tempat wisata ini anda dapat menikmati indahnya hamparan pasir pantai yang luas serta deburan ombak yang cukup kuat. Selain itu anda juga dapat mencicipi serunya bermain ATV yang disediakan oleh penduduk setempat.


2. Pantai Ketawang Purworejo

Pantai lainnya yang ada di Kabupaten Purworejo adalah Panta Ketawang. Wisata Pantai Purworejo ini berada tak jauh dari pusat kota yaitu hanya berjarak sekitar 22 km. Pantai Ketawang masih jarang dikunjungi di Purworejo sehingga kondisinya masih asri dan nyaman. Jika anda berminat anda dapat kunjungi Pantai Ketawang yang berada di Desa Ketawang Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo jawa Tengah.


3. Pantai Pasir Puncu Purworejo

Satu lagi tempat wisata pantai di Purworejo yaitu Pantai Pasir Puncu. Pantai Pasir puncu di Purworejo bisa dikatakan sebagai tempat wisata Purworejo yang masih sepi dan kurang terawat. Hal itu sekaligus menjadi keuntungan tersendiri karena apabila anda berkunjung ke Pantai pasir Puncu purworejo anda dapat bermain sepuasnya tanpa diganggu orang lain.


4. Goa Seplawan Purworejo

Tak hanya tempat wisata berupa pantai, Purworejo juga memiliki potensi wisata goa. Goa yang ada di Purworejo adalah Goa Seplawan. Di Goa Seplawan Purworejo ini anda dapat menyaksikan ornamen yag indah di dinding goa. Goa Seplawan berada di tengah hutan Pinus yang indah dan asri. Panjang Goa Seplawan Purworejo adalah sekitar 700 meter dan lebar 15 meter. Lokasi Wisata Purworejo Goa Seplawan adalah di Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo.


5. Curug Silangit Purworejo

Wisata alam di Purworejo ada banyak sekali, diantaranya adalah Curug Silangit. Curug Silangit menawarkan keindahan air terjun dengan tinggi sekitar 30 meter. Airnya jernih dan di sekitarnya masih asri dengan tumbuhnya pepohonan yang banyak. Lokasi Curug Silangit Purworejo adalah di Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo.


6. Curug Muncar Purworejo

Selain Curug Silangit, Wisata Purworejo berupa wisata alam ternyata masih ada lagi yaitu Curug Muncar. Curug Muncar ini lumayan tinggi yaitu sekitar 40 meter. Untuk mencapai Curug Muncar ini anda harus menyusuri jalan dengan jalan kaki atau trekking selama sekitar 30 menit. Di sepanjang perjalanan ini anda menikmati panorama alam sekitar yang asri. Jika anda berminat anda dapat langsung ke Curug Muncar yang berada di Desa Kaliwungu Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo.


7. Curug Tawing Purworejo

Curug tawing berasal dari kata ”curug” yang bermakna air terjun, sebaliknya ”tawing” adalah kata yang bermakna tebing. Sehingga curug tawing seorang diri bisa disebut air terjun yang mengalir melalui tebing. mempunyai ketinggian sekeliling 100 m bersama air yang mengalir dengan bening menyebabkan air terjun ini cukup memukau buat didatangi. bersih tanpa sampah membuat curug ini natural. Terletak di area perbukitan, curug yang terletak di dukuh tlogoguwo, kaligesing ini menawarkan sensasi serta kenyamanan air yang mengalir langsung dari sumber mata air dalam gua anjani. gerakan kencang air yang mengalir tidak henti menyebabkan para wisatawan bisa menikmati guyuran airnya tiap saat. destinasi wisata alam di bagian barat pegunungan menoreh ini patut dicoba. lagi pula belum adanya biaya alias pos pungutan di area itu, sehingga memberi hati pengunjung untuk bisa menikmati curug ini kapanpun mereka ingin.



8. Puncak Bukit Geger Menjangan Purworejo

Spot wisata Purworejo ini menawarkan pemandangan keindahan Kota Purworejo dari atas bukit. Bukit ini adalah Bukit geger Menjangan yang lokasinya tak jauh dari Kota Purworejo. Namun untuk sampai ke puncak ini anda harus menapaki ratusan anak tangga menuju puncak Bukit Geger Menjangan. Setelah sampai atas bukit ada sebuah bangunan berbentuk pendopo yang digunakan sebagai gardu pandang. Dari atas sana nkmatilah pemandangan Kota Purworejo dari atas yang indah.


9. Hutan Wisata Kusumo Asri Purworejo

Di Kabupaten Purworejo juga terdapat sebuah hutan wisata yang dapat anda kunjungi bersama keluarga. Berwisata ke Hutan wisata tentunya sangat bermanfaat. Selain dapat menikmati suasana hutan yang sejuk anda juga dapat mengajarkan kepada putraputri kita tentang pentingnya hutan bagi kehidupan kita. Di Huatan wisata Kusumo asri Purworejo juga disediakan bumi prkemahan dan juga outbond. Lokasi dari Hutan wisata Kusumo asri ini adalah di Desa mayungsari Kecamatan bener Kabupaten purworejo.


10. Museum Tosan Aji Purworejo

Ingin mencari wisata budaya di Purworejo ? Ada, yaitu di Museum Tosan Aji Purworejo. Museum ini tergolong unik karena menyimpan banyak sekali benda pusaka yang dipercaya memiliki kekuatan mistis. Kita tahu bahwa kebudayaan Jawa sangat erat dengan adanya kekuatan gaib yang ada dalam suatu benda atau senjata. Benda Pusaka atau Tosan Aji yang ada di museum ini berupa keris, pedang, tombak, dan lain lain. Lokasi Museum tosan aji Purworejo ini sangat mudah dijangkau karena berada di pusat kota Prworejo tepatnya berada di sebelah selatan Alun Alun Kota Purworejo.


11. Masjid Agung Purworejo Purworejo

Hampir di setiap pusat Kota Kabupaten di Pulau Jawa memiliki Masjid Agung. Begitu juga di Kabupaten Purworejo, memilki Masjid Agung Purworejo. Masjid ini berada di pusat kota Purworejo. Ada yang menarik dari Masjid Agung purworejo ini, yaitu adanya Bedug dengan ukuran besar yaitu dengan diameter 2 meter. Bedug ini dinamakan dengan nama Bedug Pendowo dan merupakan bedug terbear di dunia. Bedug ini dibuat pada tahun sekitar 1800 an Masehi. Bedug raksasa ini hanya digunakan pada saat hari raya dan juga saat Bulan Ramadhan saja.


12. Benteng Pendem Purworejo

Benteng Pendem Purworejo berada di perbukitan Dukuh Kaliwaru Kecamatan Begelen Kabupaten Purworejo. Benteng Pendem merupakan salah satu peninggalan jaman penjajahan Jepang. Benteng ini digunakan sebagai pertahanan untuk menghalau serangan dari Pantai Selatan. Benteng Pendem di Purworejo ini sendiri bisa dikatakan sebagai wisata Purworejo yang kurang terawat. Padahal sebetulnya Benteng Pendem ini bisa dijadikan sebagai wisata sejarah yang potensial bagi Purworejo.

Romeltea Media
Berbagi Informasi Updated at:

Be the first to reply!

Posting Komentar

 
back to top